Sabtu, 22 November 2008

kenangan seorang sahabat

pagi hari kemarin, selepas perjalanan panjang, bandung, purwakarta dan bekasi...
aku duduk menikmati rasa lelah di sebuah bis bekasi-bogor. berimajinasi tentang masa depan yang ada dalam pikiran...

ramp taman mini, bis berkelok masuk ke luar tol sebentar menjemput penumpang yang berjejer menunggu.
tiba-tiba!!
aku melihatmu, aku liat kamu!!
meski awalnya ragu, semakin lama aku lihat, semakin nyata kalo itu kamu!!

ah iya, dua tahun bareng di SMA tidak mungkin membuatku lupa siapa kamu meski sudah lama tak bersapa...
hanya saja pagi ini beda, kamu kelihatan lebih berisi, lebih putih dan wajahmu lebih cerah.
ah seandainya saja aku bisa melompat keluar bis, sejenak menyapa atau sekedar tersenyum di depanmu. sayang bis ini terus melaju, meski pelan tapi pasti, masuk kembali ke dalam tol...

ah aku ingat lagi kenangan SMA kita. dua tahun terindah. aku masih ingat kita duduk sebangku dari kelas 1 sampe akhir kelas 2. aku sahabat terbaikmu. yang ngasi contekan PR, aku juga yang ngasi contekan pas ulangan matematika. sampe kita di tegur... sebagai sahabat kamu membalasnya dengan ngajarin maen gitar, ngajak pentas akustik, ngajarin aku bolos upacara di kantor walikota, kita maen PS-kan waktu itu?
eh aku masih inget, bukannya kita tak terkalahkan di pelajaran kesenian? lukisan, kaligrafi, hiasan kayu sampe musik? yah cuma icha aja yang nyaingin kita pas tes lagu bahasa inggris, gara2 suaranya bagus (aku tau nilainya di buku kumpulan lagu itu ^_^)...

setahun setelah SMA kita mulai jauh kan? aku malah memutuskan memusuhi kamu. aku pergi meninggalkanmu disaat kamu terjatuh, dan butuh teman...
aku mulai muak sejak kamu liatin ganja dari dompet. aku makin menjauh sejak tau kamu pake drugs, aku makin benci liat pergaulan kamu yang tanpa batas... sampe akhirnya kamu DO... hey aku sedang berlari mengejar cita2...dan kamu DO?!! oh my God, kamu gila!!
setahun setengah yang lalu, kamu ke rumahku, terpaksa karena ayahku meninggal. dan apa yang kita bahas? nothing!! cuma obrolan hambar, formalitas!!!
kamu bilang kapok, kamu bilang bosen, kamu bilang udah kuliah lagi... aku ngga peduli!!! terserah!!

tapi pagi ini, hey aku bahagia liat sesuatu yang beda. badanmu yang berisi, sinar wajah yang cerah dan semangat yang ada di wajahmu, jelas bukan milik seorang pecandu. artinya, yah kamu benar! kamu udah ngga make lagi. sebagai seorang sahabat, itu cukup untuk membuatku percaya kalo kamu memang sudah berubah...
dibandingkan badan kurus kering kamu yang dulu, jelas itu jauh lebih bagus^_^
maaf kalo aku berburuk sangka selama ini...

oia kamu masih inget tas yang kamu pake kelas 2 dulu? yang akhirnya aku pake? tas itu masih disini. kalo kamu liat, pasti kamu seneng, tas ini masih aku pake buat kuliah 4 tahun kemaren, sampe sekarang masih selalu aku bawa kemana-mana...
yah, inilah satu-satunya kenangan persahabatan kita.. yang masih aku simpan, untuk sekedar mengenang seseorang yang pernah begitu berarti...


tak apalah aku tak menyapamu, menemukanmu pagi ini saja sudah kebahagiaan...
ya Allah jagalah sahabatku ini,
semoga aku bisa menemuinya lain kali

dan nanti ketika saatnya tiba,
aku akan mengatakan bahwa aku masih sahabatnya yang dulu,
tak peduli, meski pernah ada catatan hitam dalam persahabatan kami!!

*congrats untuk sahabatku yang telah kembali ke kehidupan nyata...
selamat bergabung, di dunia penuh harapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar